Karakter Aplikasi Komunikasi Data dan komunikasi audio dan video
A. Karakter Aplikasi Komunikasi Data
Media Pengiriman data atau media transmisi adalah sebuah saluran komunikasi yang membawa informasi yang bersumber dari pengirim ke penerima. Fungsi utama dari media transmisi adalah membawa informasi dalam bentuk bit ke penerima secara utuh, walaupun dalam implementasinya kita bisa mengalami masalah yang menyebabkan informasi terpotong dan tidak utuh.media transmisi kabel memiliki beberapa bahan penghantar yang berbeda beda. untuk media transmisi yang menggunakan tembaga, informasi akan di kirim dalam bentuk sinyal listrik.sedangkan untuk media transmisi menggunakan serat, informasi akan dikirim dalam bentuk cahaya. itulah kenapa media transmisi yang menggunakan serat lebih cepat dibanding dengan lainnya.
Gangguan dalam media transmisi
- Atenuasi (pelemahan sinyal )
- Distortion (PEnyimpanan sinyal)
- Noise masuknya sinyal lain ke media trasnmisi data dan menyebabkan sinyal hancur
ada 3 penyebab utama gangguan dalam media transmisi yaitu :
Media transmisi data dibagi menjadi 2 yaitu media transmisi berkabel (guided transmission media) dan media transmisi nirkabel (unguided transmission media).
Media Transmisi Berkabel
Media transmisi berkabel merupakan suatu media transmisi data menggunakan kabel yang memerlukan ruang dalam pemasangannya. Media transmisi berkabel dapat berupa pasangan kabel terpilin (twisted pair cable) STP DAN UTP, kabel koaksial dan serat optik
Media Tranmisi Nirkabel
Media transmisi nirkabel merupakan suatu media transmisi data tanpa menggunakan kabel namun menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya.Media transmisi nirkabel dapat berupa gelombang radio, gelombang mikro dan gelombang inframera
Gelombang radio, merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki rentang frekuensi sekitar 0,1 MHz hingga 1000 GHz dan rentang panjang gelombang sekitar 0,3 m hingga 600 m. Gelombang radio banyak digunakan dalam berbagai perangkat komunikasi seperti walkie talkie, perangkat berbasis wifi dan Bluetooth. Selain itu, gelombang radio digunakan dalam sistem kendali jarak jauh yang ada dalam mobil atau pesawat mainan.
Gelombang mikro, merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki rentang frekuensi sekitar 0,3 GHz sampai 300 GHz dan rentang panjang gelombang sekitar 1 nm hingga 1 m. gelombang mikro banyak digunakan dalam sistem radar. Sistem gelombang mikro tidak boleh terhalang objek apapun karena dapat mempengaruhi proses pengiriman dan penerimaan informasi, maka diperlukan menara-menara tinggi dalam proses transmisi informasi.
Gelombang inframerah, merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki rentang frekuensi sekitar 300 GHz sampai 30.000 GHz dan rentang panjang gelombang sekitar 8 x 10-7 m sampai 10-3 Teknologi ini digunakan untuk mentransmisikan informasi pada jarak yang dekat secara langsung. Dalam kehidupan sehari-hari teknologi inframerah digunakan pada sistem remote control TV.
B. Komunikasi Audio dan Video
Komunikasi audio termasuk bentuk komunikasi yang dilakukan dan terjadi melalui media audio. Komunikasi audio merupakan komunikasi yang dapat terjadi antara sistem dalam bentuk suara kemudian ditramisikan kedalam bentuk jaringan. Biasanya komunikasi audio menggunakan sinyal elektrik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi. Komunikasi audio bisa terjadi dalam dua perangkat atau lebih dengan perantara satu dan yang lainnya saling terhubung oleh jaringan, baik jaringan lokal maupun luar
Format Audio
Komunikasi audio memiliki beberapa format, yaitu:
1. MP3 atau MPEG
Mp3 awalnya dikembangkan di Jerman fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG.
Mp3 menggunakan format algoritma audio lossy compression yang dapat mengurangi ukuran file sehingga menjadikan format audio yang paling digemari saat ini.
2. AIFF dan AIFC
AIFF dan AIFC dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan Platform Unix.
Dalam AIFF dan AIFC format file yang digunakan tidak dapat dikompres.
3. Ogg dan Ogg Vorbis
Ogg dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Ogg merupakan format dari komunikasi audio gratis yang dirancang untuk streaming dan penyimpanan yang sangat efisien. Sedangkan Ogg Vorbis merupakan codec audio gratis.
4. WAV
WAV dikembangkan oleh microsoft dan IBM. WAV merupakan format utama dari komunikasi audio yang digunakan untuk menyimpan data audio pada sistem operasi windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF untuk menyimpan data..
5. AAC
AAC atau advance audio codec dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group.
Contoh media dari komunikasi audio, yaitu:
1. Telepon
Telepon merupakan alat yang menggunakan sinyal dan gelombang radio untuk diubah ke data audio dengan menggunakan dua perangkat agar komunikasi dapat berjalan.
2. Radio
Radio merupakan alat yang hanya bertindak sebagai penerima data dan tidak bisa menjadi pengirim data karena membutuhkan alat khusus.
Gunanya untuk membuat frekuensi audio agar bisa memancarkan dan diterima oleh radio.
Maka dari itu, radio hanya memerlukan satu perangkat yang terhubung.
3. Tape Recorder
Tape Recorder merupakan salah satu alat perekam paling sederhana. Tape recorder digunakan untuk merekam suara dengan memakai suatu kaset didalamnya.
4. Alat Perekam Magnetik
Alat Perekam Magnetik merupakan salah satu contoh komunikasi audio yang dapat digunakan untuk merekam suara secara manual untuk pembelajaran pelajar.
5. Piringan Hitam
Piringan Hitam merupakan alat penyimpan file audio modern yang pertama kali ditemukan berfungsi untuk menghasilkan suara atau bunyi dari sebuah disc.
Komunikasi video adalah komunikasi data yang memungkinkan kamu untuk mengirim dan menerima informasi dalam bentuk gambar.
Jadi, pesan informasinya itu berupa potongan frame-frame yang saling berkesinambungan, sehingga saat digabungkan akan membentuk gambar bergerak atau video. Oh iya, komunikasi video hanya berupa gambar (visual) yaa, tidak terdapat data suara. Contoh media komunikasi video antara lain ada CCTV, videotron outdoor, dan lain sebagainya.
Nah, dengan komunikasi video, kita juga bisa berkomunikasi atau mengirimkan informasi berupa gambar (visual) dengan orang-orang yang berbeda lokasi. Jadi, lebih praktis dan bisa menghemat waktu serta biaya.
3. komunikasi audio video
Komunikasi Audio Video atau biasa yang disebut Komunikasi Audio Visual adalah Proses atau hal yang disampaikan berupa informasi kepada orang lain yang berupa gambaran/visualisasi sekaligus pendengaran/audio, Jika begitu maka Komunikasi ini mengandalkan Penglihatan juga Pendengaran. Contoh komunikasi audio vide adalah FIlm,video,televisi dll
4. Komunikasi Data
4. Komunikasi Data
Pengertian
Komunikasi sendiri adalah kegiatan memberi dan menerima informasi antara 2 orang atau lebih komunikasi di mana informasi yang dikirimkan (source) adalah data, dan untuk data dalah semua informasi yang berbentuk digital sedangkan Komunikasi data merupakan penggabungan antara dunia komunikasi dan komputer, komunikasi data dibagi menjadi dua:
a. Komunikasi umum adalah komunikasi antar manusia (baik dengan bantuan alat maupun langsung).
b. Komunikasi data adalah komunikasi antar komputer atau perangkat dijital lainnya (PDA, Printer, HP).
Berikut adalah gaambar perbedaan komunikasi digital dan analog adalah
1. Ketika sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer lain maka mereka saling mempertukarkan bit-bit informasi yang dikirimkan melalui suatu medium transmisi
2. Berkomunikasi dengan komputer lain bisa dilakukan dengan relatif mudah bila mereka berada di tempat ruangan atau gedung yang sama
3. Jika jarak antar mereka semakin jauh maka diperlukan sebuah jaringan telekomunikasi yang menyediakan kanal komunikasi end-to-end.
4. Komunikasi data antar komputer dapat dilakukan dengan beberapa cara dan beberapa diantaranya akan kita bahas saat ini
Komunikasi Data serial
Data secara serial dapat dikirimkan jika hanya ada satu kanal komunikasi yang tersedia sedangkan kita harus mengirimkan data yang terdiri dari lebih dari satu bit. Pada komunikasi data serial, bit-bit yang menyusun words dikirimkan satu per satu ke kanal komunikasi. Komunikasi data serial cocok untuk komunikasi jarak jauh.Data dikodekan sedemikian hingga informasi timin diterima bersama data dan hanya satu kanal yang diperlukan
Komunikasi Data Paralel
` Komunikasi paralel dapat digunakan ketika komputer perlu berkomunikasi dengan misalnya sebuah printer yang berada di dalam ruangan yang sama. Sebuah kabel yang terdiri dari beberapa kawat yang Bit-bit data yang menyusun words digunakan untuk dapat dikirimkan secara bersamaan secara paralel pada masing-masing kawat. Transmisi data paralel lebih cepat daripada transmisi data serial tapi biasanya hanya digunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan biasanya jaka maksimum nya 10 m dan tidak cocok untuk jarak jauh karena pasti banayak menggunakan kabel kawal atau kanal dan memerlukan sinyal timing tambahan.
Transmisi Data
Terminal komunikasi data disebut data terminal equipment (DTE) sedangkan perangkat yang merupakan ujung kanal transmisi yang akan melalui jaringan disebut data circuitterminating equipment (DCE) Contoh DCE adalah modem. Banyak tersedia standard interface antara DTE dan DCE yang umum dipakai adalah yang dibuat oleh ITU-T dan Electronic Industries Association (EIA). Salah satu interface yang biasa digunakan dan dibuat oleh ITU-T adalah V.24/V.28 yang sama dengan standard RS-232-C yang dibuat EIA
Pada transmisi data jarak jauh kita dapat menggunakan transmisi data serial secara asinkron (asynchronous) maupun sinkron (synchronous). Transmisi data serial jarak jauh mengharuskan informasi timing dikirimkan ke penerima bersama-sama dengan data agar ga perlu memakai satu saluran khusus untuk clock
Transmisi Asinkron
Pada transmisi ini setiap transmisi dilakukan data yang dikirimkan berjumlah sedikit. Jumlah bit yang dikirimkan setiap kali transmisi dilakukan adalah 8 bit yang merupakan satu karakter ASCII (American Standard Code for Information Interchange) . setiap satu blok data yang terdiri 8 bit disertakan sebuah start bit. Start bit merupakan indikasi bagi penerima untuk bersiap-siap menerima 8 bit data. Start bit ditandai dengan perubahan level tegangan dari kondisi idle.
Data rate harus ditentukan dulu sebelum transmisi dilakukan agar penerima dapat menerima bit-bit data dengan tepat. Jumlah bit data: 7-8 bit (termasuk bit parity). Setelah data selesai dikirimkan, satu atau lebih stop bits dikirimkan sebagi tanda pengiriman data sudah selesai. Skema pendeteksian kesalahan pada transmisi asinkron menggunakan parity
Ada dua macam teknik parity:
a. Even parity (parity genap) : Pada even parity, jumlah bit ‘1’ pada blok data (termasuk parity) harus genap
b. Odd parity (parity ganjil) : Pada odd parity, jumlah bit ‘1’ pada blok data (termasuk parity) harus ganjil
Agar pendeteksian kesalahan dapat dilakukan dengan benar, pengirim dan penerima harus bersepakat untuk menggunakan teknik parity yang sama Misalnya pengirim dan penerima sepakat untuk menggunakan teknik parity genap: apabila penerima menerima data yang jumlah bit ‘1’-nya ganjil maka penerima dapat menyimpulkan bahwa telah terjadi kesalahan
Transmisi Sinkron
Transmisi sinkron dapat digunakan untuk mengirimkan informasi yang jauh lebih banyak informasi disusun dalam bnetuk frame-frame informasi setiap frame diawali deretan bit start of game, dan terdiri dai 1.000 bytes informasi . dan mengandung error control words dan suatu deretam end of frame. Banyak metoda transmisi asinkron merupakan protokol “bit-oriented” yang artinya blok-blok data tidak dibagi-bagi kedalam byte-byte yang terpisah karena banyak jenis informasi yang tidak dinyatakan di dalam bytes seperti informasi grafis. Transmisi sinkron mengharuskan bahwa informasi timing bit disertakan kedalam aliran data itu sendiri menggunakan teknik line coding
Bit stuffing/zero insertion
Sebagai contoh, pada protokol high-level data link control (HDLC) digunakan flag yang berupa deretan (01111110) .Perhatikan bahwa flag ini mengandung 6 buah bit 1 yang berurutan Setelah flag start-of-frame deretan bit yang mengandung 6 bit . ‘1’ berturut-turut tidak diperkenankan ada di dalam bagian data dari frame. Untuk menjamin agar hal di atas tidak terjadi maka di akhir. setiap deretan 5 bit ‘1’ yang berurutan disisipkan sebuah bit 0. Di penerima, setiap 0 yang mengikuti 5 bit ’1’ yang berurutan dihilangkan
Jika ada bit ‘1’ yang mengikuti 5 bit ‘1’ berurutan maka frame dinyatakan telah selesai (end-of-frame flag)
TCP-IP dan OSI
Dalam terminologi model referensi OSI, TCP/IP protocol suite meliputi network dan transport layers
0 Comments